Selamat Datang di Blog Yusmiati

Silahkan berselancar & men-download ...
Powered By Blogger

Sabtu, 19 Januari 2008

Evaluasi Pendidikan (2)

Seseorang yang ingin melakukan evaluasi terhadap suatu pendidikan ia harus mengetahui tujuan evaluasi yang hendak dilaksanakan dalam suatu proses pendidikan atas tujuan yang hendak dicapai dalam program pendidikan tersebut.Dalam mengevaluasi suatu pendidikan harus menetapkan tujuan program, memilih alat yang layak,pelaksanaan pengukuran,memberikan skor, menganalisa,dan menginterprestasikan skor, membuat catatan yang baik dan dalam mengevaluasi harus mempunyai sikap,adil ,jujur dan bertanggung jawab.


Dalam Al-Qur’an Surat Hud ayat-112

فاَسْتَقِِمْ كَمَاَامِرْتَ وَمَنْ تَا بَ مَعَكَ وَلآتَطْغَوْا اِنَّهٌ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

«Oleh karena itu hendaklah engkau selalu bersikap jujur sebgaimana yang diperintahkan kepadamu, begitu juga kepada orang-orang yang tobat darikemusyrikan danberiman bersamamu.Namun janganlah kamu bertindak melampaui batas yang digariskan agama. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apayang kamu kerjakan.(Q.S. Hud-112) »


Al-Qur’an Surat AL Isra’ ayat 35

وَاَوْفُوْا الْكَيْلَ اِذَََا كِلْتًمْ وَزِنُوْا بِلْقِسْطَاسِِ الْمُسْتَقِيْمِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَاْ وِيْلاً

“Dan penuhilah takaran jika kamu menakar dan timbanglah secara jujur! Cara itulah yang terbaik, dan akibatnya pun lebih baik pula.(Q.S. Al Isra’-35)”

Adil

Q.S. An-Nisa ayat 58 :

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hokum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”

Maksud ayat di atas adalah bahwa bagi seorang tester harus memiliki sifat adil terhadap bawahannya dalam melaksanakan evaluasi pada suatu lembaga pendidikan atau dalam proses belajar mengajar, dan seorang tester dalam mengambil keputusan harus adil. Seorang Teste dapat meningkatkan suatu pendidikan.

Jujur

Q.S. At-Taubah ayat 119 :

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama-sama orang yang benar”

Jadi seorang Teste harus jujur dalam menyampaikan segala sesuatu yang masih berhubungan dengan evaluasi program pendidikan.

Dan kewajiban menegakkan kebenaran dan keadilan tanpa pandang bulu telah diterangkan di dalam


Al-Qur’an Surat An-Nisa’ ayat 105

اِنَّا اَنْزَلْنَا اِلَيْكَ الْكِتَبَ بِا الْحَقِّ لِِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَا اَرَاكَ اللهُ وَلاَ تَكُنْ لِلخَا ءنِيْنَ خَصِيْمًا

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab Al-Qur’an ini untuk menerangkan yang hak kepadamu supaya kamu dapat mengadili antara manusia dengan hukum yang diajarkan Allah kepadamu.Dan janganlah kamu menjadi lawan pihak yang jujurkarena membela pihak yang khianat.(Q.S. AnNisa’ ayat 105)” Dan bertanggung jawab atas perbuatanya masing-masing. Dalam Surat An Najm ayat 39-41.

وَاِنْ لَيْسَ لِلاِنْسَانِ اِلاَّ مَاسَعئ

Bahwa, manusia tidak akan memperoleh bagian, kecuali apa-apa yang telah dikerjakannya untuk dirinya”

وَاَنَّ سَعْيِهٌ سَوْفَ يُرَئ

“Bahwa hasil amal usahanya itu pasti akam diperlihatkan kepadanya”

ثُمَّ يُجْزَـهُ الجَزَاءَ الاَوْفئ

“Kemudian akan diberi ganjaran lebih banyak”

Tidak ada komentar: